Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2021)

Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Sebagai Alternatif Sumber Belajar Siswa

P Purwandari (Universitas PGRI Madiun)
Andista Candra Yusro (Universitas PGRI Madiun)
Adi Purwito (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality sebagai sumber belajar siswa kelas X SMK Cendekia Madiun. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan adalah modul yang terintegrasi Augmented Reality pada pokok bahasan Getaran dan Gelombang. Modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality ini telah melalui tahap uji validasi dengan melibatkan 5 validator dengan rata-rata persentase capaian sebesar 77,7% menurut ahli materi dengan kategori layak, 72,5% menurut ahli media pembelajaran. Hasil uji coba kelas kecil oleh 6 siswa dilaksanakan di SMK Ma’arif Dolopo menunjukkan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan dengan persentase sebesar 78,67% dengan kategori baik dan hasil uji coba kelas terbatas di SMK Cendekia Madiun terhadap 20 siswa menunjukkan respon siswa dengan persentase sebesar 71,60 % dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran terintegrasi Augmented Reality ini memenuhi persyaratan dengan kualitas baik dan layak digunakan sebagai modul penunjang dalam pembelajaran. This study aims to develop an integrated learning module of Augmented Reality as a learning resource for grade X students of SMK Cendekia Madiun. This study uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) method. The product being developed is a module integrated with Augmented Reality on the subject of Vibrations and Waves. This Augmented Reality integrated learning module has gone through the validation test stage with an average percentage of achievement of 77.7% according to material experts with the feasible category, 72.5% according to instructional media experts. The small class trial results by six students showed an achievement percentage of 51%, and the results of a limited class trial with 20 students showed an achievement percentage of 31%. From the results of this study, this Augmented Reality integrated learning module meets the requirements with good quality and is suitable for use as a supporting module in learning. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...