JPI
Vol 3, No 1 (2019)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR

Cahyaningsih, Ratna Dila (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Gusrayani, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

IPA merupakan salahsatu proses dalam pembentukan tingkah laku guna mengarahkan siswa agar berkompeten dalam menyelesaikan permasalahan secara proses ilmiah. Oleh karena itu, siswa harus memiliki keterampilan berpikir kreatif. Namun, keterampilan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah, sehingga digunakanlah pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Kramatmulya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan SDN II Ragawacana sebagai kelas eksperimen serta SDN Pajambon sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa tes keterampilan berpikir kreatif serta non tes berupa observasi kinerja guru, observasi aktivitas siswa, catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa secara signifikan, dengan nilai rata-rata gain sebesar 0,329. Sementara pada pembelajaran konvensional, nilai rata-rata gain sebesar 0,150. Sehingga, pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...