Educational Guidance and Counseling Development Journal
Vol 4, No 1 (2021): EGCDJ

Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19

Eko Sujadi (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Wabah COVID-19 menyebabkan dampak yang signifikan pada beberapa aspek, salah satunya pembelajaran. Saat ini proses pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pembelajaran online (learning management system) dan sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan stres akademik dan motivasi belajar mahasiswa ketika mengikuti pembelajaran online, serta menguji hubungan antara keduanya. Sebanyak 204 mahasiswa mengisi Academic Stress Scale yang dikembangkan oleh Kohn & Frazer dan skala Motivasi Belajar yang dikembangkan secara mandiri oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan yakni statistik deskriptif dan Spearman's Rank-Order Correlation. Stres akademik dan motivasi belajar mahasiswa dikategorikan baik, di mana tidak ada item yang skornya di bawah rata-rata. Analisa korelasi mengindikasikan bahwa stres akademik memiliki hubungan negatif dengan motivasi belajar. Disarankan agar dosen menerapkan strategi pembelajaran online yang efektif sehingga semua mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif. Kemudian perlu disusun program pelayanan konseling untuk mencegah ataupun mengatasi permasalahan stres akademik dan motivasi belajar yang rendah pada mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EGCDJ

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Guidance and Counseling Development Journal (EGCDJ) (E ISSN 2614-8358) (P ISSN 2615-3661) merupakan wadah untuk menampung berbagai artikel penelitian dan konsep pemikiran mutakhir tentang bimbingan konseling. Jurnal ini menjadi wadah bagi semua Tenaga Kependidikan, Ahli, Praktisi, dan ...