Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 4, No 2 (2020): Desember

ANALISIS PERSEPSI HARGA, SUASANA CAFE DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZERO CAFE MAKASSAR

Adnan Hasan (Universitas Muslim Maros)
Nur Asia Hamid (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Zero Cafe Makassar. semakin banyaknya pengusaha yang berinvestasi pada sektor usaha cafe membuat jenis usaha ini semakin kompetitif. survey awal menemukan bahwa loyalitas pengunjung Zero Cafe Makassar dipengaruhi banyak faktor, diantaranya persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan . Hasil penelitian ini akan berkontribusi terhadap kekayaan data dan informasi sebagai upaya pengembangan strategi pemasaran dalam upaya pencapaian loyalitas konsumen. Target khusus dalam penelitian ini yakni menjadi referensi atau rekomendasi atas pentingnya strategi harga, suasana cafe dan pelayanan dalam menciptakan daya saing usaha. Metode yang digunakan yakni metode observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil uji parsial menunjukkan variabel pelayanan memiliki pengaruh yang paling signifikan yaitu 6,234. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi harga (X1), suasana cafe (X2), pelayanan (X3) mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan Zero Cafe Makassar (Y) sebesar 38,907%

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...