Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 4 No 2 (2021): Article Research Juni 2021

Pengaruh EWOM, Travel Motivation dan Destination Attractiveness terhadap Visit Intention di Kota Batam

Ratih Anggraini (universitas Internasional Batam)
Noviyanti Lupita (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Niat berkunjung Kembali pada suatu objek wisata adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah destinasi wisata dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. EWOM, motivasi, dan daya tarik destinasi memiliki peran penting dalam keputusan calon wisatawan dalam mengunjungi suatu destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata pada penelitian ini adalah Kota Batam. Penelitianini menggunakan metode kuantitatif dikarenakan melakukan uji hipotesis dan mendeskripsikan hubungan antar variabel. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperjelas dan mengetahui apakah EWOM, motivasi, daya tarik destinasi berpengaruh secara signifikan bagi calon wisatawan dalam membuat keputusan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata di Kota Batam. Observasi dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuisioner berupa google form yang disebar melalui media sosial seperti line dan whatsapp untuk dapat menjangkau calon wisatawan luar kota. Narasumber yang terkumpul sebanyak 272 responden diantaranya terdapat 173 wanita dan 99 pria. Teknik yang dipakai dalam penelitian ini adalah snowball sampling yang artinya narasumber satu mereferensikan kepada yang lain dan seterusnya sehingga akhirnya responden menjadi besar. Penulis melakukan uji data menggunakan IBM SPSS Statistic setelah responden sudah terkumpul. Pada hasil penelitian, pada uji T menunjukan bahwa motivasi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat untuk berkunjung. Sedangkan EWOM dan daya tarik destinasi berpengaruh cukup signifikan terhadap niat untuk berkunjung dengan nilai sig ≤ 0.05 yaitu 0.00.

Copyrights © 2021