Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah
Vol 3, No 2: Juli 2020

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI BANDA ACEH

Siti Farah Wahyuni (Program Studi Psikologi Universitas Syiah Kuala)
Dahlia Dahlia (Program Studi Psikologi Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Keberhasilan siswa dalam dunia pendidikan salah satunya dapat dilihat dari prestasiakademik. Keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam melaksanakantugas akademik seperti mempersiapkan diri untuk ujian dan mengerjakan tugastugasmerupakan faktor yangdapat meningkatkan prestasi akademik.Ini sering juga disebut sebagai efikasi diri akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan antara efikasi diri akademik dengan prestasi akademik pada siswa SMAdi Banda Aceh. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMA di Kota Banda Aceh, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 274 siswa dari tiga SMA di KotaBanda Aceh dengan rentang usia 15-17 tahun. Pengumpulan data menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek efikasi diri akademik yang dikemukakan oleh Zajacova, Lynch, dan Espenshade (2005), dan prestasi akademik diperoleh dari nilai rata-rata rapor semester akhir siswa yang menjadi lokasi tempat penelitian. Analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman-Brown Formula dengan hasil koefisien korelasi r=0.011 dan nilai signifikansi p=0.850 (p0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara efikasi diri akademik dengan prestasi akademik pada siswa SMA di Banda Aceh. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

seurune

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Seurune, Unsyiah Psychology Journal receives manuscripts that focused on psychological research and applied psychology. Humanities studies related to psychological science are the scope that also considered in Seurune: Jurnal Psikologi ...