JURNAL ISTRENDI
Vol 5 No 2 (2020): Edisi November 2020

Prinsip dan Langkah-Langkah Penerapan Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Berpikir Kritis Mahasiswa

Marham Jupri Hadi (Unknown)
Muh. Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan satu dari empat keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh setiap individu agar mereka berhasil dalam mengkomunikasikan pemikirannya kepada orang lain secara efektif. Dengan menggunakan metode penelitian Design Based Ressearch (DBR), penelitian ini mendeskripsikan prinsip-prinsip dan langkah-langkah memodifikasi Focus Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis mahasiswa . Penelitian melibatkan 5-9 partisipan yang terdiri dosen dan mahasiswa dimana pengambilan data dilakukan dalam empat siklus melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi catatan refleksi diri peserta. Prinsip-prinsip sekaligus langkah-langkah implementasi FGD untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan berpikir krtis mahasiswa yakni:(1) pengenalan dan simulasi FGD, (2) penentuan kelompok dan penyiapan topik FGD, (3) penggalian informasi dan peningkatan kosakata melalui kegiatan membaca, (4) praktik FGD, (5) refleksi dan pemberian masukan, 6) membuat catatan FGD, dan 7) presentasi lisan. Prinsip-prinsip implementasi tersebut bisa dimodifikasi sesuai dengan kondisi di masing-masing konteks pembelajaran.

Copyrights © 2020