JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 17, No 2 (2016): Jurnal Serambi Ilmu

SUPERVISI DAN PEMBIMBINGAN BAGI GURU SMK NEGERI 1 IDI DALAM MENYUSUN BUTIR TES

Fithri Angelia Permana (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul “Supervisi dan Pembimbingan bagi Guru SMK Negeri 1 Idi dalam Menyusun Butir Tes”. Masalah yang diangkat apakah supervise dan bimbingan dapat meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri 1 Idi menyusun butir tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru SMK Negeri 1 Idi menyusun butir tes menggunakan supervise dan pembimbingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Idi Kabupaten Aceh Timur. Subjek penelitian adalah guru SMK Negeri 1 Idi Kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpul data berupa lembar observasi kemampuan guru SMK Negeri 1 Idi dan lembar observasi motivasi guru mengikuti supervise dan pembimbingan. Analisis data menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap pelaksanaan penelitian untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi guru SMK Negeri 1 Idi Kabupaten Aceh Timur  menyusun butir tes. Hasil penelitian diperoleh tingkat kemampuan guru SMK Negeri 1 Idi menyusun butir tes memperoleh nilai 76,0-84,0 dengan katagori baik dan sangat baik. Tingkat motivasi guru SMK Negeri 1 Idi menyusun butir tes berkisar antara 71,0-81,0. Rata-rata tingkat motivasi guru-guru 74,43.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...