Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi kesulitan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Metode kegiatan ini adalah berupa pelatihan, selanjutnya peserta dibimbing untuk menerapkan hasil pelatihan dalam penanganan ABK di kelas. Pelatihan ini dilaksanakan 4 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan durasi waktu antara 4 s/d 4,5 jam. Target yang ingin dicapai melalui pelatihan ini adalah peningkatkan kemampuan guru PAUD setelah mengikuti pelatihan terkait dengan pendidikan inklusi, berupa meningkakan kemampuan guru PAUD dalam ketrampilan menangani anak berkebutuhan khusus. Hasil pelatihan menunjukkan rata-rata skor pre-test 41,07. Skor tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan peserta tentang pendidikan inklusi masih rendah dan perlu adanya pelatihan pendidikan inklusi. Hasil rata-rata post-test sebesar 76,85. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan skor pre-test ke post-test sebesar 35,78.%. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan skor dari pre-test ke post-test sudah memenuhi target pelatihan yaitu > 25%. Rata-rata hasil penilaian pelaksanaan pelatihan pendidikan inklusi sebesar 77,28. Yang sudah memenuhi target pelatihan yaitu > 70.
Copyrights © 2020