PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal PINTER

Perbandingan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemrograman Web Siswa Kelas X SMK Diponegoro 1 Jakarta

Nufi Eri Kusumawati (Universitas Negeri Jakarta)
Ivan Hanafi (Universitas Negeri Jakarta)
Bachren Zaini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Direct Instruction (DI) terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Diponegoro 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kelas X-MM sebagai kelas eksperimen dan X-TKJ sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 38 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes akhir (posttest) kepada siswa. Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,63, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 73,26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung sebesar 2,465 dan ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikansi 5%, sehingga thitung > ttabel , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang lebih tinggi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan menggunakan model Direct Instruction (DI).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...