PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal PINTER

Penerapan Strategi PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Praktik Pemrograman Web Kelas X RPL di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang

Maesyaroh (Universitas Negeri Jakarta)
Ivan Hanafi (Universitas Negeri Jakarta)
Yuliatri Sastrawijaya (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam praktik Pemrograman menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa X RPL di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Hasil penelitian siklus I berkaitan dengan kemampuan membuat entri teks yang didalamnya terdapat input teks password, dan input multiline, siklus II berkaitan dengan kemampuan membuat entri pilihan yang didalamnya terdapat input file, radio, checkbox, select dan datalist, sedangkan pada siklus III berkaitan dengan kemampuan membuat style pada teks dan gambar. Dapat disimpulkan hasil belajar meningkat menjadi 100 % atau sebanyak 35 siswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 76. strategi Problem Based Learning (PBL) pada siklus I pemantau tindakan guru mencapai 73,75 % untuk siswa yaitu 68,33 %, pada siklus II untuk pemantau tindakan guru mencapai 93,75 % sedangkan siswa 92 % dan pada siklus III pemantau tindakan guru mencapai 96, 25 % untuk siswa yaitu 95 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam praktik Pemrograman Web siswa kelas X RPL di SMK Nasyrul Ulum Pandeglang. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam praktik Pemrograman Web siswa kelas X RPL.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...