Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 5, No 2 (2020): JULI

Pengembangan Model Pembelajaran Sains Dengan Konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mahasiswa PAUD Universitas Dehasen Bengkulu

Ranny Fitria Imran (Universitas Dehasen Bengkulu)
Rika Partikasari (Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Sebagai calon guru maka mahasiswa harus dapat membelajarkan anak usia dini dalam pengenalan sains sebagai salah satu tujuan kurikulum pembelajaran di PAUD. Periode operasi formal ini berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mahasiswa. Berdasarkan input mahasiswa PAUD Universitas Dehasen yang berbeda dalam tingkat kemampuan berpikir sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa agar dapat memahami dan mengenal sains dengan lebih mudah dan sederhana. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan model pembelajaran dengan konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS). Desain pengembangan menurut Plomp (1999), terdiri dari lima fase, yaitu : investigasi awal, perancangan / design, konstrusi / realisasi, tes, evaluasi & revisi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 PAUD Universitas Dehasen Bengkulu. Penelitian ini merupakan uji coba terbatas dengan model pembelajaran dan semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara praktis dan efektif. Setelah revisi dilakukan, diperoleh Prototipe final, yaitu Model Pembelajaran Sains dengan Konsep HOTS yang valid, praktis, dan efektif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...