Sebagai calon guru maka mahasiswa harus dapat membelajarkan anak usia dini dalam pengenalan sains sebagai salah satu tujuan kurikulum pembelajaran di PAUD. Periode operasi formal ini berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mahasiswa. Berdasarkan input mahasiswa PAUD Universitas Dehasen yang berbeda dalam tingkat kemampuan berpikir sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa agar dapat memahami dan mengenal sains dengan lebih mudah dan sederhana. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan model pembelajaran dengan konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS). Desain pengembangan menurut Plomp (1999), terdiri dari lima fase, yaitu : investigasi awal, perancangan / design, konstrusi / realisasi, tes, evaluasi & revisi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 PAUD Universitas Dehasen Bengkulu. Penelitian ini merupakan uji coba terbatas dengan model pembelajaran dan semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara praktis dan efektif. Setelah revisi dilakukan, diperoleh Prototipe final, yaitu Model Pembelajaran Sains dengan Konsep HOTS yang valid, praktis, dan efektif
Copyrights © 2020