Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi
Vol 2, No 1 (2019): Mei

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa

Muhammad Wahyu Setiyadi (STKIP Al Amin Dompu)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Abstract:  this research aims to improve motivation and student learning outcomes in applying Problem Based Learning model. This research is a classroom action research conducted in twi cycle.the subjects of the research was the X-Mia 2 MAN 1 Bima in the academic year of 2018/2019. The research data obtained through observation and test. The result showed an increased by 7,95%, from 73,73 inthe first cycle and 81,78 in the second cycle. Learning outcomes classiical completeness increaseby 64,29% of  classical completeness 17,86% in the first cycle and  82,29% in the second cycle. This result indicate problem based learning model can improve motivation and studen learning outcomes. Abstrak: penelitian ini bertujuan ituk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi  siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian  dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Mia 2 MAN 1 Bima tahun ajaran 2018/2019 data diperoleh melaui observasi dan tes. Hasil penelitian ini terjadi pengkatan motivasi belajar yaitu sebesar  7,95% dari 73,83% pada siklus I menjadi 81,78% pada siklus II. Hasil belajar ketuntasan klasikal meningkat sebesar 64,29% dimana pada siklus i ketintasan klasikan hanya sebesar 17,86% sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 82,29%. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajatan problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa

Copyrights © 2019