Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 4, No 2 (2021): Maret

Representasi Lombok dalam Elektronik Media pada Blog Muslifaaseani.com| Lombok Representation in Electronic Media on the Blog of Muslifaaseani.com

Nurliya Ni'matul Rohmah (Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, 83115)
Ishanan Ishanan (Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, 83115)
Yusron Saudi (Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, 83115)
Fathurrijal Fathurrijal (Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, 83115)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2021

Abstract

Abstrak: Kajian ini bermaksud melihat bagaimana representasi Lombok dalam Elektronik Media pada Blog Muslifaaseani.com. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan netnografi, yang mana digunakan untuk melakukan riset sosial yang muncul di era internet atau dapat juga dikatakan sebagai metode riset digital. Muslifaaseani.com mampu mempresentasikan Lombok dalam konten secara utuh baik secara pemaknaannya secara aktif dan kreatif sehingga Lombok tergambarkan sebagai destinasi wisata yang memenuhi syarat, karena memiliki tiga hal, yaitu something to see, something to do dan something to buy, serta penuturan dalam artikel yang mampu mempresentasikan alam, pemandangan, flora fauna, budaya masyarakat, museum, hasil karya di Nusa Tenggara Barat. Selain itu juga untuk mengetahui peran blogger Muslifaaseani.com sebagai kontributor, pengamat, promotor dan evaluator bagi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Harapan dari penelitian ini, akan mampu mengangkat kembali Lombok sebagai list utama destinasi wisata setelah Pandemic Covid-19 ini mereda dan izin berwisata telah dibuka baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Abstract: This study intends to see how the representation of Lombok in Electronic Media on the Muslifaaseani.com Blog. Researcher used the descriptive qualitative method with netnography approach, which is use to conduct social research that has emerged in the internet era, or it can also be said to be a digital research method. Muslifaaseani.com was able to present Lombok in its full content both actively and creatively so that Lombok described as a tourist destination that meets the requirements. Because it has three things, which are something to see, something to do and something to buy, as well as a narrative in articles that able to present nature, scenery, flora and fauna, community culture, museums, works in West Nusa Tenggara. In addition, it is also to know the role of blogger Muslifaaseani.com as a contributor, observer, promoter and evaluator for Lombok, West Nusa Tenggara. Hopely, that this research will be able to raise Lombok as the main list of tourist destinations after the Covid-19 Pandemic has subsided and travel permits have been opened both from within the country and abroad

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...