SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 4, No 2 (2021): April

PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) GURU DI KOTA PALEMBANG PADA ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Wita Farla (Universitas Sriwijaya)
Welly Nailis (Universitas Sriwijaya)
Lina Dameria Siregar (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2021

Abstract

ABSTRAKPada era adaptasi kebiasaan baru, sistem pengajaran di sekolah berubah dari sistem luring (luar jaringan) menjadi sistem daring (dalam jaringan). Saat ini teknologi merupakan media utama untuk melakukan kegiatan pengajaran. Perubahan yang terjadi pada sistem pengajaran ini terjadi dengan cepat sehingga sebagian besar guru tidak siap dalam menghadapi perubahan tersebut. Sementara itu, guru dituntut untuk memiliki kompetensi karena kompetensi tersebut akan berhubungan dengan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui cara peningkatan kompetensi guru SMA di Kota Palembang dalam melakukan pengajaran khususnya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi pada era adaptasi kebiasaan baru. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dengan cara sosialisasi melalui presentasi dan diskusi interaktif. Khalayak sasaran kegiatan ini  adalah guru SMA di Kota Palembang sebanyak 25 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman guru terhadap pentingnya penguasaan kompetensi pada era adaptasi kebiaasaan baru khususnya kompetensi yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dimana saat ini sistem pengajaran lebih banyak menggunakan sistem daring. Kata kunci: kompetensi guru; teknologi informasi; adaptasi kebiasaan baru.  ABSTRACTIn the era of adapting to new habits, the teaching system in schools has changed from an offline system to an online system. Currently, technology is the main medium for teaching activities. Changes that occur in this teaching system occur quickly so that most teachers are not ready for these changes. Meanwhile, teachers are required to have competencies because these competencies will be related to the teaching and learning process and student learning outcomes. The purpose of this community service activity is to find out how to increase the competence of high school teachers in Palembang City in conducting teaching, especially those related to the use of information technology in the era of adaptation to new habits. The method of implementing this service activity is using socialization through presentations and interactive discussions. The target audience for this activity is 25 high school teachers in Palembang City. The result of this community service activity is an increase in teachers' understanding of the importance of mastering competencies in the era of new adaptation habits, especially competencies related to the use of information technology where currently the teaching system uses more online systems. Keywords: teacher competence; information technology; adaptation of new habits.

Copyrights © 2021