SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 4, No 2 (2021): April

PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK BERBASIS EXCEL PADA HOTEL RUMAH PUTIH ABU-ABU

Animah Animah (Universitas Mataram)
Adhitya Bayu Suryantara (Universitas Mataram)
Widia Astuti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2021

Abstract

ABSTRAKSaat ini dalam semua lini bisnis sudah berbasis aplikasi. Demikian pula halnya untuk bisnis hotel,  agar tidak ketinggalan dalam manejemennya perlu penerapan aplikasi terutama dalam laporan keuangan. Selama ini Hotel Rumah Putih Abu-Abu (RPA) menyusun laporan keuangan dengan menggunakan jasa konsultan, meskipun di dalam pencatatan penerimaan kas dan pengeluaran kas di hotel sudah menggunakan excel. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman manajemen di dalam penyusunan laporan keungan terutama mengenai perhitungan harga pokok kamar. Penetapan tarif kamar hanya berdasarkan pada persaingan pasar dan melihat pada biaya yang dikeluarkan saja. Oleh karena itu tim pengabdian akan melakukan pelatihan mengenai perhitungan harga pokok kamar dengan menggunakan pendekatan full cost berbasis excel. Tujuan dari pengebdian ini untuk memberikan peningkatan soft skill bagi pengelola hotel dalam menghitung biaya-biaya yang muncul disetiap kegiatan bisnisnya secara akurat. Metode yang dilakukan adalah pemberdayaan partisipatif, yang meliputi penyuluhan dan pelatihan, monitoring  dan evaluasi  dengan sasarannya adalah manajemen dan karyawan hotel yang berjumlah 7 orang.Setelah diberikan penyuluhan dan pelatihan, manajemen Hotel RPA mengakui mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam membuat pencatatan yang digunakan untuk menghitung harga pokok produksi. Kata Kunci: perhitungan; harga pokok; excel ABSTRACTCurrently, all business lines are application-based. Likewise for the hotel business, so as not to be left behind in its management, it is necessary to apply applications, especially in financial reports. So far, Rumah Putih Gray Hotel has prepared financial reports using the services of a consultant, although in recording cash receipts and cash disbursements at the hotel have used excel. This occurs due to a lack of understanding by management in preparing financial reports, especially regarding the calculation of the cost of the room. Room rates are determined solely based on market competition and looking at the costs incurred. Therefore the community service team will conduct training on calculating the cost of the room using an excel-based full cost approach. The method used is participatory empowerment, which includes counseling and training, monitoring and evaluation with the target of 7 hotel management and employees. After being given counseling and training, the RPA Hotel management acknowledged that they had sufficient ability and skills to make records that were used to calculate the cost of production. Keywords: calculation; cost of goods; excel

Copyrights © 2021