Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM

Tusadiah, Rani Nurhalima (Unknown)
Surdin, Surdin (Unknown)
Amaluddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

SMA Negeri 8 Kendari merupakan salah satu sekolah di Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, kota Kendari yang menjadi objek penelitian peneliti karena kurangnya motivasi dan antusias siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa masih rendah yaitu di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan oleh sekolah dengan nilai ≥ 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS1SMA Negeri 8 Kendari dengan penerapan model problem based learning (PBL) pada materi sebaran dan pengelolaan sumber daya alam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 8 Kendari. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning (PBL) pada setiap siklus meningkat dengan skor rata-rata 3,3 dengan kategori baik; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model problem based learning (PBL) pada setiap siklus meningkat, dengan skor rata-rata 3,4  dengan kategori baik; 3) Hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 8 Kendari meningkat, dengan  nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan belajar 84% atau 25 siswa dengan nilai ≥ 70 sesuai kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran geografi. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...