Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 5, No. 1, Juli-Desember 2020

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS RENDAH MENGGUNAKAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL

Muhammad Majdi (Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'
an (STIQ) Amuntai)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Keterampilan membaca termasuk dari empat komponen keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu keterampilan menulis, membaca, berbicara, dan menyimak. Penelitian ini berfokus pada keterampilan membaca jenis keterampilan membaca permulaan pada kelas rendah. Karena dilapangan masih ditemukan sebagian kecil peserta didik yang belum terampil dalam membaca, oleh karena itu strategi Picture Word Inductive Model adalah salah satu langkah terapi yang cukup sederhana namun efektif diterapkan kepada peserta didik tersebut, baik itu bagi peserta didik yang memiliki kemampuan membaca rendah sampai kepada kemampuan sedang dan tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas 2b MIS Al Islamiyah Bangkar yang berinisial MIY dan 32 siswa kelas 2b. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan keterampilan membaca menggunakan Picture Word Inductive Model dapat mengembangkan kualitas pembelajaran keterampilan membaca permulaan bagi kelas 2 MIS Al Islamiyah Bangkar, dengan tahapan-tahapan sebagai berikut 1) pengenalan gambar guru menggunakan konsep gambar pop up. 2) Peserta didik mengidentifikasi gambar. 3) Review kata bergambar secara audio dan visual. 4) Menyusun kata dan kalimat, bersama mengembangkan kata menjadi sebuah kalimat sederhana. Jadi hasilnya peserta didik yang memiliki keterampilan membaca rendah mulai berangsur-angsur membaik dengan tindak lanjut secara continue atau berkelanjutan disetiap pembelajarannya. Sedangkan peserta didik yang sudah memiliki keterampilan membaca sedang dan tinggi dapat mengembangkannya lebih baik lagi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...