Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 4, No 2 (2020): JURNAL NERACA

MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Maria Vincentia Zai (Universitas Pembangunan Jaya)
Fitriyah Nurhidayah (Universitas Pembangunan Jaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi, ditinjau dari metode dan media pembelajaran yang diinginkan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan data primer yaitu hasil wawancara dan kuesioner melalui g-form, serta data sekunder yaitu dokumentasi dari kajian-kajian literatur dengan teknik analisa kualitiatif. Model pembelajaran Contextual Learning and Teaching (CTL) merupakan solusi atas masalah, sebab model CTL mengakomodir diterapkannya keseluruhan metode pembelajaran yaitu diskusi, restirasi dan tanya jawab, serta media pembelajaran yaitu media produktif. Pada model CTL mahasiswa ditingkatkan keaktifan untuk mengeksplorasi materi yang diterima, mengaitkannya dengan masalah nyata, dan memberi hasil nyata atas pengetahuan yang diterima. Berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam berpikir luas, mendalam, kritis, logis dan kreatif. Sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dari sisi proses maupun hasil pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...