Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2020): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Muhammad Riyadi (Sultan Ageng Tirtayasa University)
Heni Pujiastuti (Sultan Ageng Tirtayasa University)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajarnya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dari SMK Kesehatan Husada Pratama, dengan masing-masing gaya belajar terdapat 10 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual berada pada kategori kemampuan rendah, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar auditori berada pada kategori kemampuan sedang, dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori kemampuan sedang. Pada hasil juga menunjukkan bahwa rerata total skor siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih baik 1,9 dari siswa dengan gaya belajar auditori, dan lebih baik 4,3 dari siswa dengan gaya belajar visual. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Kesehatan Husada Pratama berada pada kategori sedang, dan gaya belajar kinestetik lebih baik daripada gaya belajar visual ataupun auditori.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...