JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-NHT

Roslian Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (KBKM) siswa dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen semu dengan rancagan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol merupakan kelas yang pembelajarannya seperti biasa diterapkan sekolah atau pembelajaran dengan model biasa. Analisis data yang dilakukan terhadap data KBKM dan kemandirian belajar siswa melalui uji N-Gain dengan uji independen sampel t-tes. Hasil penelitian KBKM siswa menunjukkan perolehan signifikansi N-gain pretest dan posttest sebesar 0,009 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari nilai peningkatan antara KBKM siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, selanjutnya nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen (0,57=kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,43=kategori sedang). Selanjutnya analisis data kemandirian belajar siswa yang dilakukan menunjukkan hasil, melalui uji N-Gain dengan uji independen sampel t-tes diperoleh signifikansi N-gain pretest dan posttest sebesar 0,006 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari peningkatan antara kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, selanjutnya nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen (0,39=kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,29=kategori rendah). Dengan demikian disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (KBKM) siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dan signifikan berbeda dari pembelajaran model biasa.; 2) Peningkatan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dan signifikan berbeda dari pembelajaran model biasa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...