JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

PROVIDING KIDS ATHLETICS MODEL EXERCISE ACTIVITIES TO IMPROVE MULTILATERAL MOVEMENT SKILLS STUDENT OF SDN MAGETAN 1 DURING THE COVID 19 PANDEMIC

Achmad Maarif Achman (Universitas Negeri Surabaya)
Gigih Siantoro (Universitas Negeri Surabaya)
Abdul Rachman Syam Tuasikal (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya efektifitas perbedaan peningkatan pada latihan gerak multilateral dengan aktivitas latihan model kids athleticsdan pengaruh terhadap hasil lari bolak-balik, loncat katak dan lari slalom pada pembelajaran siswa PJOK pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kategori eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Poestest Design. Variabel bebas yaitu kelompok siswa kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar. Variabel terikat yaitu lari bolak-balik, loncat katak, lari slalom dan total dari ketiga variabel tersebut. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa dimana sejumlah 20 siswa adalah siswa kelas 4 dan 20 siswa adalah kelas 5. Hasil Uji N-Gain skor dalam kelompoklari bolak –balik untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 54.96% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 81.74 % termasuk dalam kategori efektif. Berikutnya loncat katak untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 64.18 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 92.36% termasuk dalam kategori efektif. lari slalom untuk kelas 4 dengan pemberian aktivitas kids athletic gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 39.88% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 65.04% termasuk dalam kategori cukup efektif. Berikutnya pada variabel total dari rangkaian gerak kids athletik untuk kelas 4 dengan pemberian gerak multilateral pada siswa adalah sebesar 53.47% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas 5 rata-rata N-gain skor dengan perlakuan yang sama yaitu sebesar 76.91% termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian hasil keseluruhan rangkaian terdapat adanya peningkatan dari hasil pretest setiap variabel lari bolak balik, loncat katak, lari slalom dan total varibel gerak multilateral dengan rata-rata lebih dari 76 % maka memiliki kategori efektif diberikan terhadap kelompok kelas 5. Berikutnya adalah Uji-T dengan hasil pretes dan postest pada variabel lari bolak-balik, loncat katak, dan lari slalom serta total ketiga variabel tersebut mempunyai nilai signifikansi lebih dari 0.05. Dengan demikian, disimpulkan dari penelitian ini bahwa siswa kelompok kelas 4 dan 5 adanya efektifitas dari hasil pemberian gerak multilateral kids athletic dan adanya pengaruh terhadap efektifitas metode latihan kids athletic pada siswa SD Negeri Magetan 1 di Kabupaten Magetan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...