JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PELAJARAN IPA DI SD

Peni Astutik (Universitas Negeri Surabaya)
Tjandra Kirana (Universitas Negeri Surabaya)
Wahono Widodo (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini berupaya mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk kelas IV SD dengan pencapaian konsep yang valid dan efektif untuk digunakan. Tahapan dalam pengembangan bahan ajar LKPD ini didasarkan pada tahapan pengembangan bahan ajar oleh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini terdiri atas: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data yang meliputi tahap analisis kebutuhan, (2) tahap perencanaan bahan ajar yang meliputi kegiatan penyusunan peta bahan ajar dan pembuatan bahan ajar yang akan dikembangkan, (3) tahap pengembangan bahan ajar, yang meliputi kegiatan validasi produk bahan ajar, validasi RPP dan validasi soal tes konsepsi siswa, (4) tahap pengujian dan evaluasi bahan ajar yang meliputi kegiatan uji coba pada kelas uji coba kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Dawatul Hasanh, MI Muhammadiyah 5, MI Al Akbar. Data penelitian ini berfokus pada proses pengembangan dan kualitas bahan ajar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas wawancara, validasi, observasi, angket dan tes hasil belajar. Data kualitas bahan ajar diperoleh dari hasil uji coba produk. Hasil penelitian meliputi: (1) hasil analisis tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar teks eksposisi, (2) hasil analisis kevalidan produk bahan ajar yang dikembangkan, dan (3) hasil anailisis keefektifan produk bahan ajar yang dikembangkan. Data hasil tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar LKPD berbasis CTL diperoleh dari observasi dan wawancara dengan peserta didik dan guru yang menunjukkan kategori sangat butuh bahan ajar yang menunjang pembelajaran yang dikaitkan dengan lingkungan sekitar dengan persentasi 100% setuju bahwa bahan ajar yang didapat dari sekolah perlu untuk dikembangkan. Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar LKPD berbasis CTL secara keseluruhan menunjukkan skor rata-rata 3.3 dalam kategori baik untuk digunakan. Data hasil keefektifan bahan ajar LKPD berbasis CTL diperoleh dari keterlaksanaan rpp yang menunjukkan 90% terlaksana, hasil belajar peserta didik yang menunjukkan N-Gain untuk reduksi miskonsepsi dan meningkatnya hasil belajar berada pada kategori tinggi yaitu 5 dan ketuntasan klasikal sebesar 95% sehingga memenuhi standar ketuntasan KKM, serta hasil respon peserta didik yang menunjukkan rata-rata skor sebesar 3.8 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan temuan pada penelitian pengembangan bahan ajar teks eksposisi bermuatan lingkungan alam dan sosial dalam bentuk majalah dengan model pencapaian konsep dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan, artinya dari sisi kualitas, kepraktisan, keefektifan serta hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...