Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknik mind mapping terhadap prestasi belajar menulis siswa kelas VIII SMP SWASTA PUTERI SION tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diberikan pre-test dan post-test yang sama untuk mendapatkan data. Dalam penerapan teknik, kelas eksperimen diajar dengan menggunakan teknik mind mapping. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan dalam pengajaran menulis. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai t-test = 3,63 lebih tinggi dari pada t-tabel = 2,02. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Disimpulkan dalam pengajaran menulis dengan menggunakan teknik mind mapping memberikan pengaruh yang baik terhadap keterampilan menulis. Teknik ini membuat siswa berpikir lebih kreatif untuk memperbesar ide ke dalam tulisan siswa
Copyrights © 2021