JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021

THE EFFECT OF MIND MAPPING TECHNIQUE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE WRITING

Nurmahyuni Asrul (Universitas Prima Indonesia)
Putri Permatasari Hasibuan (Universitas Prima Indonesia)
Yunita Gracesary Hutagalung (Universitas Prima Indonesia)
Kristi Natalia Br Tarigan (Universitas Prima Indonesia)
Dumaris Febriani Siregar (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teknik mind mapping terhadap prestasi belajar menulis siswa kelas VIII SMP SWASTA PUTERI SION tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diberikan pre-test dan post-test yang sama untuk mendapatkan data. Dalam penerapan teknik, kelas eksperimen diajar dengan menggunakan teknik mind mapping. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan dalam pengajaran menulis. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai t-test = 3,63 lebih tinggi dari pada t-tabel = 2,02. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Disimpulkan dalam pengajaran menulis dengan menggunakan teknik mind mapping memberikan pengaruh yang baik terhadap keterampilan menulis. Teknik ini membuat siswa berpikir lebih kreatif untuk memperbesar ide ke dalam tulisan siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...