JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PERSPEKTIF SISWA SMK MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI

Nariza Wanti Wulan Sari (Unknown)
Riyayatsyah Riyayatsyah (Unknown)
Dedy Mirwansyah (Unknown)
Achmad Asdori (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa SMK TI Airlangga untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Variabel yang digunakan yakni potensi diri, motivasi, ekspektasi, peluang, lingkungan sosial, situasi kondisi, dan institusional. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK TI Airlangga kelas XII tahun ajaran 2020/2021. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh responden sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner) selanjutnya data yang terkumpul dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas sebelum dianalisis, satu variabel yakni situasi dan kondisi tidak reliabel sehingga tidak dimasukkan ke dalam analisis data. Berdasarkan penelitian ini, hasil analisis data secara deskriptif memberikan informasi bahwa minat siswa SMK TI Airlangga untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi cukup tinggi yaitu sebanyak 85%, dimana berdasarkan hasil yang diperoleh melalui analisis data dengan regresi linear berganda dengan tingkat kepercayaan 99% hal ini dipengaruhi oleh variabel motivasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...