JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODELDISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINTSECARA DARINGKELAS V SD

Dwi Afnan Puji Astuti (Unknown)
Agustina Tyas Asri Hardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor IPA dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan powerpoint secara daring. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2010:16). Penelitian dilakukan pada kelas V SDN Ledok 05 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar aspek psikomotor dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis ketuntasan dan analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa (KKM ≥70) pada pra siklus sebesar 34%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 69%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 93% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar psikomotor juga mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (7%), siswa yang memiliki kategori baik sejumlah 13 siswa (28%) dan siswa yang memiliki kategori cukup menjadi 7 siswa (26%). Peningkatan terjadi pada siklus II, siswa kategori sangat baik sebanyak 7 siswa (24%), siswa yang memiliki kategori baik menjadi 20 siswa (76%). Dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan powerpoint secara daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Ledok 05 pada materi pengaruh kalor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...