Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Analisis Berpikir Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematis berdasarkan Teori APOS

sekar sakti, trusthi (Unknown)
Syamsuri (Unknown)
Yuyu (Unknown)
Sukirwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan teori APOS. Materi yang dipilih ialah Barisan dan deret Aritmatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung. Adapun Instrumen pendukung yang digunakan adalah tes untuk proses berpikir matematika, tes untuk mengetahui proses berpikir siswa berdasarkan teori APOS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa memiliki proses penyelesaian yang berbeda-beda, khususnya perbedaan dalam melakukan aksi. Ada yang memerlukan contoh keberlakuan pada kasus dengan jumlah kecil, namun ada juga yang langsung mengidentifikasi apa yang diketahui di masalah tersebut. Selain itu pada proses ada yang memerlukan bimbingan dalam menentukan refleksi pemecahan masalah dan ada juga siswa yang langsung dapat memecahkan masalah sesuai proses berpikir yang dipahami.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...