Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2020)

PRODUKSI DAN PEMASARAN SAYUR ORGANIK PADA CV. RAHAYU DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Gafur, Abdul (Unknown)
Dua, Patta (Unknown)
Asih, Endah Wahyuning (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Sayur organik merupakan salah satu produk unggulan yang dihasilkan oleh CV. Rahayu. Dengan melihat peluang pasar dan juga keinginan masyarakat untuk menkonsumsi makanan sehat sehingga CV. Rahayu memanfaatkan peluang ini. Responden pada penelitian ini adalah pimpinan CV. Rahayu dan dua orang karyawan. Alat analisis yang digunakan fungsi produksi Cobb-Douglas dengan alat bantu pengolah data SPSS  versi 23. Data yang didapatkan ditabulasi dan dimasukkan kedalam aplikasi SPSS versi 23 sehingga didapatkan hasil analisis Regresi yang menunjukkan nilai R Square sebesar 0,932 yang menjelaskan bahwa variabel dari model analisis di atas dapat menjelaskan besaran produksi sebesar 93,2% dengan sisanya 6,8% dapat dijelaskan dalam model lain yang tidak tercantum pada penelitian ini. Nilai F juga menunjukkan nilai 0,000 yang berarti model diatas berpengaruh sangat signifikan. dimana model dari analisis produksi CV. Rahayu dalam memproduksi sayuran organik yaitu : Y = 82.333 + 966.921X1 + 8.891 X2 + 84.57 X3 – 509.65 X4 – 0.048 X5Sedangkan untuk pemasaran digunakan analisis margin pemasaran sebagai berikut : MP = Pr – Pf. Besar margin pemasaran dari sayur CV. Rahayu rata – rata sebesar Rp. 1.070.Kata kunci :  Produksi, Pemasaran, Sayur Organik

Copyrights © 2020