Jurnal Kolaboratif Sains
Vol 1, No 1 (2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK DI KELOMPOK B TK SEJATERAH ALKHAIRAAT ROGO

Irawati, Irawati (Unknown)
Munir, Abd. (Unknown)
Nurmiati, Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media kartu angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak di kelompok B TK Sejahtera Al-Khaerat Rogo? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media kartu angka pada anak di kelompok B TK Sejahtera Al-Khaerat Rogo.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lebar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diperoleh diubah ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok B TK Sejahtera Alkhairaat Rogo dapat ditingkatkan melalui media kartu angka. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari tahap Pra Tindakan dan setelah dilakukan tindakan kelas. Hasil observasi pada tahap Pra Tindakan menunjukkan bahwa belum ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau mendapatkan persentase 75%. Setelah adanya tindakan Siklus II persentase kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 75%. Dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B TK Sejahtera Alkhairaat Rogo dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10.Kata Kunci: Mengenal Konsep Bilangan 1-10, Media Kartu Angka

Copyrights © 2020