Journal of Health Science and Prevention
Vol. 5 No. 1 (2021): JHSP Vol 5 No 1 - 2021

Infections Prevention and Control (IPC) Programs in Hospitals

Safira Anis Rahmawati (Department of Health Policy and Administration, Faculty of Public Health, Universitas Airlangga, Surabaya)
Inge Dhamanti (Department of Health Policy and Administration, Faculty of Public Health, Universitas Airlangga, Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Healthcare Associated Infections (HAIs) atau infeksi nosokomial masih menjadi masalah yang paling sering terjadi pada pelayanan kesehatan. Rumah sakit perlu melaksanakan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) sebagai standar mutu pelayanan rumah sakit serta untuk melindungi pasien, petugas kesehatan dan pengunjung dari kejadian infeksi yang tidak diharapkan. Pada kenyataannya, pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian infeksi di berbagai rumah sakit belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini menganalisis faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menggunakan 11 artikel yang berasal dari berbagai data sources. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit yaitu faktor fungsi manajemen, peran dan fungsi kepala ruangan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta faktor budaya organisasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jhsp

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

JHSP is an Open Access, double blind peer-reviewed, biannualy journal in the field of public health sciences and prevention. The aim of the journal is to stimulate dissemination of knowledge in the public health field in order to improve efficacy, effectiveness and efficiency of public health ...