PeTeKa
Vol 4, No 1 (2021): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ABAD 21 MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Ardianto Ardianto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Ernawati Ernawati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Abad 21 ditandai dengan era keterbukaan dimana kehidupan manusia mengalami perubahan-perubahan fundamental yang berbeda dengan tatanan kehidupan abad sebelumnya. Keterampilan yang dibutuhkan saat ini adalah pendekatan saintifik yang menekankan pada pendekatan ilmiah dan inkuiri yang mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada pembelajaran biologi siswa dituntut memahami konsep, fakta, teori dan hukum secara mendalam yang dapat memberikan kepuasan intelektual, namun kenyataannya pembelajaran biologi yang diajarkan di SMA Negeri 7 Bulukumba masih belum maksimal, karena guru lebih kepada transfer pengetahuan saja yang menyebabkan terjadinya kesenjangan antara guru dan siswa dalam pembelajaran biologi. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak mampu mengembangkan konsep, prinsip yang sudah ada sebelumnya. Akibatnya hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang diharapkan yaitu 75. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua kelompok subjek,  satu kelompok mendapatkan perlakuan menggunakan pendekatan saintifik dan  satu  kelompok  sebagai  kontrol menggunakan pendekatan konvensional (ceramah dan tanya jawab). Hasil menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar, dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 66,58, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 46.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...