Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2: Oktober 2020

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19

Nasrah Nasrah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
A. Muafiah A. Muafiah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat motivasi dan hasil belajar daring mahasiswa padaperkuliahan Konsep Dasar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlahsampel 140 mahasiswa yang mayoritas perempuan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angketsecara (online) dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Hasil penelitian dapat diketehui bahawa motivasi belajar daring mahasiswa pada mata kuliah KonsepDasar IPA 74% berada pada katagori motivasi sangat tinggi dan 1% termotivasi sangat rendah. Daribeberapa indikator penilaian motivasi belajar, hanya indikator senang mencari dan memecahhkan masalahsoal-soal yang berada pada katagori motivasi tinggi yang lainnya berda pada katagori motivasi sangattinggi. Sedangkan dari analisis hasil belajar dapat diketahui bahwa hanya 52 % mahasiswa yang perolehnilai sangat baik dan 4% berada pada katagori nilai sangat tidak baik dengan rata-rata nilai 87,192 beradapada katagori baik. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa pencapain hasil motivasi belajar dan hasil belajarbelum maksimal, maka diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarmahasisswa dalam perkuliahan IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...