Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat motivasi dan hasil belajar daring mahasiswa padaperkuliahan Konsep Dasar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlahsampel 140 mahasiswa yang mayoritas perempuan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angketsecara (online) dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Hasil penelitian dapat diketehui bahawa motivasi belajar daring mahasiswa pada mata kuliah KonsepDasar IPA 74% berada pada katagori motivasi sangat tinggi dan 1% termotivasi sangat rendah. Daribeberapa indikator penilaian motivasi belajar, hanya indikator senang mencari dan memecahhkan masalahsoal-soal yang berada pada katagori motivasi tinggi yang lainnya berda pada katagori motivasi sangattinggi. Sedangkan dari analisis hasil belajar dapat diketahui bahwa hanya 52 % mahasiswa yang perolehnilai sangat baik dan 4% berada pada katagori nilai sangat tidak baik dengan rata-rata nilai 87,192 beradapada katagori baik. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa pencapain hasil motivasi belajar dan hasil belajarbelum maksimal, maka diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarmahasisswa dalam perkuliahan IPA.
Copyrights © 2020