Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi yang bertujuanuntuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemiCOVID-19. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ProramStudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2019 sebanyak 93 mahasiswa. Instrumen penelitin yangdigunakan berupa angket motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis korelasi denganmenggunakan Uji Pearson menunjukkan bahwa setiap aspek motivasi belajar memiliki nilai koefisienkorelasi yang tinggi dengan hasil belajar yang terlihat sebagai berikut: Aspek 1 sebesar 0,119; Aspek 2sebesar 0,663; Aspek 3 sebesar 0,418; Aspek 4 sebesar 0,425; Aspek 5 sebesar 0,649; dan Aspek 6 sebesar0,554. Secara keseluruhan diperoleh nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar daringmahasiswa sebesar 0,767 dan berada pada kategori kuat. Dari hasil ini dapat diketahui adanya hubunganantara motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa di masa pandemic COVID-19.
Copyrights © 2021