JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak

Feblyna, Tesya (Unknown)
Wirman, Asdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini kurangnya sikap dan perilaku anak terhadap pembiasaan disiplin dalam melakukan kegiatan. Hal ini dipengaruhi oleh metode atau aspek perkembangan yang diberikan belum optimal, masih ada anak yang belum menerapkan sikap disiplin seperti tidak menerapkan sikap antri saat masuk toilet, rebutan mainan dengan temannya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap pembiasaan anak terhadap disiplin dengan cara penggunaan reward atau penghargaan. Dengan metode penggunaan reward guna meningkatkan pembiasaan disiplin pada anak adalah cara yang tepat untuk memberi jalan atau menjembatani anak untuk terbiasa bersikap disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan kajian studi literatur, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menelaah sumber primer berupa buku referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah. Kemudian dilakukan analisis dengan mengaitkan antara permasalahan dengan konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan dari beberapa referensi menunjukan bahwa dengan cara penggunaan reward untuk peningkatan pembiasaan disiplin pada anak sangat baik dilakukan dan diterapkan untuk anak. Karena hal terebut sangat berpengaruh untuk berbagai aspek-aspek perkembangan seperti untuk belajar bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, dapat menegendalikan diri serta dapat memotivasi anak untuk melakukan kegiatan yang lebih baik dari pada sebelumnya dan meluruskan akhlak anak untuk masa yang akan datang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...