JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini

Verawaty, Verawaty (Unknown)
Izzati, Izzati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan awal peneliti yang menemukan masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam menerapkan perilaku disiplin. Hal ini dibuktikan dari banyaknya anak yang belum disiplin meletakan dan menyusun tas dengan rapi, meletakan dan menyusun sepatu dengan rapi, dan beberapa anak yang masih bermain ketika bel berbaris berbunyi. Sehingga diperlukan metode yang dapat meningkatkan perilaku disiplin anak yang salah satunya pemberian reward pada anak. reward sangat penting dalam proses belajar mengajar dan dalam menegakkan disiplin anak, dengan reward anak lebih termotivasi untuk melaksanakan peraturan yang telah dibuat karena anak merasa dihargai perilaku positifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reward terhadap perilaku disiplin anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber sekunder berupa buku referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Setelah mendapatkan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan menganalisis data. Analisis dilakukan dengan menghubungkan antara permasalahan dengan konsep dan teori relevan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward berhubungan terhadap perilaku disiplin anak. Hasil penelitian berdasarkan atas temuan keunggulan dari pemberian reward dari sisi: kemudahan pengaplikasian pada anak, reward disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak, materi reward, reward yang sederhana serta pemanfaatan stimulasi berbagai aspek yang terintegrasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...