JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Problem Based Learning Sebagai Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar

Pilka, Windi Harneva (Unknown)
Ahmad, Syafri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2020

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kecakapan dasar yang harus dimiliki peserta didik. Namun pada beberapa survey mengatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada siswa Indonesia masih rendah dari negara lain. Oleh sebab itu perlunya suatu perubahan dalampembelajaran, salah satunya penggunaan model yang lebih efektif dalam pembelajaran. Problem Based learning sebagai salah satu model yang efektif digunakan, diawal pembelajarannya guru memberikan masalah nyata yang harus dipecahkan oleh peserta didik. Metodepenulisan ini adalah untuk mengkaji literatur tentang Problem Based Learningsebagai model untuk meningkatkanKemampuan Pemecahan Masalahdi Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulkan data-data dari buku dan jurnal hasil penelitian dengan menelusuri melalui Google Cendekia yang relevan dengan tema. Berdasarkan analisis yang dilakukan model Problem Based Learning efektif dilakukan dalam proses pembelajaran, karena dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Sekolah Dasar. Selain itu peserta didik dapat memahami konsep pemecahan masalah Matematika melalui langkah-langkah pembelajaran Problem Based Learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...