JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Muhammad, Milotul (Unknown)
Reinita, Reinita (Unknown)
Yanti Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu proses dalam menanamkan suatu nilai-nilai spiritual, karakter, melalui penambahan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh pendidik di sekolah, dalam penerapannya pendidikan karakter tersebut bisa terbentuk dari lingkungan keluarga, hubungan sesama teman, dan lain sebagainya. Masalah pendidikan di Indonesia sangatlah kompleks karena di semua aspeknya terdapat banyak persoalan-persoalan yang perlu ditangani. Penurunan nilai karakter dalam dunia pendidikan Indonesia sangatlah memperihatinkan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya kasus korupsi, kekerasan terhadap anak, tawuran antar pelajar, kasus Bullying, semua itu merupakan bukti bahwa pendidikan karakter masih belum terlaksana secara maksimal. Untuk itu pendidikan karakter merupakan kunci utama untuk membangun karakter bangsa sehingga dapat berperan aktif didalam masyarakat. Demi meningkatkan nilai karakter melalui pendidikan tersebut maka diperlukan model pembelajaran. Pendekatan klarifikasi nilai sangatlah cocok digunakan dalam menanamkan suatu nilai pada peserta didik. Pendekatan Value Clarification Technique merupakan pendekatan klarifikasi nilai sebagai upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan nilai afektif (sikap) pada peserta didik selama pembelajaran. Teknik pengajaran dalam pendekatan ini dapat membantu peserta didik mencari dan menentukan suatu nilai baik yang ada pada dirinya menghadapi melalui proses analisis nilai yang sebelumnya telah ada dan tertanam pada diri peserta didik. Studi kepustakaan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...