JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Meningkatkan Perilaku Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Bangkinang Tahun Pelajaran 2019/2020

Agustina, Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan aktivitas belajar , (2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota. Dengan subjek penelitian 25 siswa kelas XII IPA semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus .tiap tiap siklus terdiri dari empat tindakan , yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan penilaian ,dan refleksi. Data penelitian ini didapat melalui lembar observasi perilaku aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model Kooperatif Tipe STAD, meningkatkan prestasi belajar kimia siswa. Perilaku aktivitas belajar klasikal sebesar 65,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,7% pada siklus II. Aktivitas belajar kelompok sebesar 55,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%,pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siwa meningkat menjadi 88% .Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penerapan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar Kimia siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...