Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V tema 2. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasy eksperiment design. Desain yang digunakan The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di gugus 1 Kec. Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 06 Padang Sago sebagai kelas kontrol berjumlah 11 siswa dan kelas V SDN 08 Padang Sago sebagai kelas eksperimen berjumlah 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen adalah 53,61 dan di kelas kontrol 51,45. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 82,50 dan di kelas control 73,36. Berdasarkan hasil uji hipotesis bertaraf 5% diperoleh thitung > ttabel ( 2,618 > 2,191 ), maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di SDN gugus 1 Kecamatan Padang Sago
Copyrights © 2020