JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Novalia, Rezi (Unknown)
Indrawati, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 09 Pasar Ladang Panjang Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III dimana tercatat jumlah peserta didik laki-laki sebanyak 5 orang dan peseta didik perempuan 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 82,95% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan peserta didik siklus I memperoleh nilai 82,82% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,73 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,96 dengan persentase ketuntasan 92,86%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...