Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPA tentang organ pernapasan manusia dengan menerapkan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang. Hasil penelitian pada siklus I penilaian terhadap RPP memperoleh persentase nilai 75% (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (amat baik). Penilaian terhadap aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 72% (cukup) dan pada siklus 2 memperoleh persentase 90% (amat baik) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 67,19 dengan persentase ketuntasan 44% (kurang) dan meningkat pada siklus II, yaitu 84,31 dengan persentase ketuntasan 88% (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA tentang organ pernapasan manusa pada siswa kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang khususnya dalam kegiatan memecahkan permasalahan.
Copyrights © 2021