JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pernapasan Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang

Chandra, Asnul (Unknown)
Firman, Firman (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPA tentang organ pernapasan manusia dengan menerapkan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang. Hasil penelitian pada siklus I penilaian terhadap RPP memperoleh persentase nilai 75% (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (amat baik). Penilaian terhadap aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 72% (cukup) dan pada siklus 2 memperoleh persentase 90% (amat baik) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 67,19 dengan persentase ketuntasan 44% (kurang) dan meningkat pada siklus II, yaitu 84,31 dengan persentase ketuntasan 88% (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA tentang organ pernapasan manusa pada siswa kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang khususnya dalam kegiatan memecahkan permasalahan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...