JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMK di Toraja Utara

Saludung, Samuel (Unknown)
Sihotang, Hotmaulina (Unknown)
Limbong, Mesta (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran mengenai permasalahan yang ada pada sekolah di Toraja Utara secara khusus dalam kaitan dengan mutu pendidikan SMK. Dalam penelitian ini diteliti tentang seberapa besar pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMK di Toraja Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah verifikatif dengan pendekatan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Toraja Utara, Teknik atau pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 190. Hasil penelitian nampak bahwa bahwa nilai R Square atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,435. Artinya persentase ukuran kemampuan variabel kepemimpinan dan motivasi (X1 dan X2) menjelaskan variabel peningkatan mutu (Y) adalah 43,5% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini, koefisien determinasi variabel kepemimpinan dan mutu pendidikan adalah 0,362 atau 36,2%. Artinya, variabel kepemimpinan mampu menjelaskan variasi variabel mutu pendidikan sebesar 36,2%. koefisien determinasi antara kedua variabel tersebut sebesar 0,137 atau 13,7%. Artinya, variabel motivasi mampu menjelaskan variasi variabel mutu pendidikan sebesar 13,7%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...