JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningakatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat

Budiarti, Eva (Unknown)
Sukma, Elfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu pada proses pembelajaran, masih berpusat pada guru, guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok, guru kurang memotivasi peserta didik dalam belajar, guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, dan pembelajaran belum memberikan pengalaman langsung. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan modelcooperative tipe snowball throwing di kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 12 Kp. Doge Rengat Barat dengan jumlah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 87,45% (baik), dan siklus II 97,2% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 90,25% (sangat baik), dan siklus II 97,2% (sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 90,25% (baik), dan siklus II 97,2% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 73,83 dan siklus II dengan rata-rata 83,07. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...