Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 5, No 2 (2020): September

ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGI EMPAT

Siti Syadiah (IKIP Siliwangi)
Yulianti Yulianti (IKIP Siliwangi)
Luvy Sylviana Zanthy (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Pemahaman terhadap konsep prasyarat matematika diperlukan agar mudah memahami suatu konsep. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa sekolah menengah pertama masih lemah karena mereka kurang memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep dasar matematika yang berkaitan dengan materi segitiga dan segiempat. Solusi permasalahan ini adalah siswa harus lebih memahami materi serta rumus-rumus pada materi segitiga dan segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Sampel penelitian adalah siswa SMP di daerah Cimahi yang berjumlah 32 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data mengunakan soal uraian dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan aspek menerapkan diperoleh hasil bahwa siswa membuat kesalahan dalam membedakan rumus-rumus segitiga dan segiempat, salah melakukan operasi hitung, dan tidak menuliskan satuan hitung. Faktor penyebabnya adalah siswa cenderung menghafal daripada memahami materi dan rumus, serta kurangnya latihan soal segitiga dan segiempat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...