Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 6, No 1 (2021): Maret

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI PADA MATERI VEKTOR SELAMA PANDEMI COVID-19

Ena Suhena Praja (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Setiyani Setiyani (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Lena Kurniasih (SMKN 1 Kota Cirebon)
Farhan Ferdiansyah (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman matematis siswa di masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring yang merupakan hal baru bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMK kelas XI pada materi vektor. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI salah satu SMK di kota Cirebon yang berjumlah dua orang laki-laki. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus dengan menganalisis jawaban siswa dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan lembar wawancara. Tes digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kemampuan pemahaman matematis siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengecek jawaban terhadap soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil yang diperoleh adalah siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dengan persentase 90%, sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang dengan persentase 56,7%. Dengan kata lain, siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...