Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar

Alvina Damayanti (Unknown)
Ika Ari Pratiwi (Unknown)
Erik Aditia Ismaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Dilakukannya penelitian ini meliputi latar belakang berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Think Pair Share berbantuan permainan tradisional Engklek pada tema 6 kelas V SD 2 Getas Pejaten. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 2 Getas Pejaten yang beralamat di Jl. Sentot Prawirodirjo, Getas Pejaten, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD 2 Getas Pejaten semester I tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 9 perempuan dan 11 laki-laki. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas V SD 2 Getas Pejaten. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu Expert Judgement dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa siklus I muatan IPS memperoleh rata-rata 76 dengan ketuntasan klasikal 55%. Muatan PPKn dengan rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal 75%. Siklus II muatan IPS memperoleh rata-rata 86 dengan ketuntasan klasikal 75% dan muatan PPKn dengan rata-rata 88 dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan permainan tradisional Engklek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...