Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Andri Sattriawan (Universitas Lampung)
Sugeng Sutiarso (Universitas Lampung)
Undang Rosidin (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang terintegrasi soft skills untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pada tahapan implementasi adalah siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019-2020. Data penelitian dipeoleh dari observasi, wawancara, angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan skor dari validasi ahli materi sebesar 81% dan validasi ahli media sebesar 84%. Media pembelajaran ini juga dinyatakan praktis sebagaimana hasil uji praktisi mendapatkan skor sebesar 86% dan uji coba siswa sebesar 88%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...