Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Esty Pramitasari Ambarwati (Universitas Lampung)
Sugeng Sutiarso (Universitas Lampung)
Sri Hastuti Noer (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa desain pengembangan pembelajaran kontekstual beserta perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD, dan tes kemampuan representasi matematis) yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahapan R&D dimulai dari research and information-collecting, planning, develop preliminary of product. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan pada semester ganjil Tahun pelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini terdiri 2 ahli (desain, materi, dan media) uji validasi, 2 guru dan 5 siswa uji praktisi (respon), serta 14 siswa uji analisis tes kemampuan representasi matematis. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket validasi ahli, angket praktisi guru dan siswa, serta tes kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan pembelajaran kontekstual beserta perangkat pembelajaran telah valid menurut ahli, dan praktis menurut guru serta siswa. Hasil uji validasi ahli terhadap produk pengembangan mendapatkan skor rerata 85,30% dengan kriteria valid, dan hasil uji praktisi guru terhadap perangkat pembelajaran mendapatkan skor rerata 82,25% dengan kriteria praktis, serta hasil skor rerata penilaian siswa terhadap LKPD adalah 79,80% dengan kriteria praktis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...