Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Mukhti Randa (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Putri Yuanita (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa berdampak pada rendahnya kemampuan matematis lainnya seperti kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis, kemampuan berpikir kreatif matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan recipcoral teaching yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE yang terdiri atas analisis, perancangan, pengembangan, dan implementasi. Ujicoba dilaksanakan dua tahap, yaitu ujicoba ahli, dan ujicoba terbatas. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas dan praktikalitas. (1) hasil validitas menenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata pada silabus sebesar 3,81, pada RPP sebesar 3,62, pada LKPD sebesar 3,51, pada instumrn tes sebesar 3,45. (2) hasil ujicoba terbatas menunjukkan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan pada kategori sangat praktis sebesar 3,41.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...