Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edmodo dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Suharti Suharti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Perkembangan pendidikan saat ini didukung oleh berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berbagai aplikasi interaktif yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Diantaranya pemanfaatan platform Edmodo yang mirip dengan facebook yang sangat familiar dikalangan remaja maupun orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen non-equivalent control group desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika pada peserta didik yang diajar tanpa penerapan media pembelajaran berbasis edmodo dan kelas yang diajar dengan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo. Selain itu, pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X dibanding pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...