Perkembangan pendidikan saat ini didukung oleh berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berbagai aplikasi interaktif yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Diantaranya pemanfaatan platform Edmodo yang mirip dengan facebook yang sangat familiar dikalangan remaja maupun orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen non-equivalent control group desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika pada peserta didik yang diajar tanpa penerapan media pembelajaran berbasis edmodo dan kelas yang diajar dengan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo. Selain itu, pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X dibanding pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis edmodo
Copyrights © 2021